Lagi lagi tempat wisata yang satu ini terdapat di kota Tomohon, selain Danau Linow ada juga Gunung Mahawu yang menyajikan pemandangan yang tidak mau kalah dari danau Linow.
Gunung yang terletak di ketinggian 1300 Mdpl ini merupakan gunung yang sering meletus, seperti gunung-gunung yang lain di sepanjang lereng gunung mahawu terdapat pemukiman warga, hutan belantara dan beberapa area persawahan.
Gunung yang pertama kalinya meletus di tahun 1789 pernah beberapa kali meletus hingga letusan terakhirnya di tahun 1999 merupakan salah satu tempat yang luar biasa indah untuk melihat sunrise atau matahari terbit.
Gunung ini biasa menjadi salah satu buruan para wisatawan yang pecinta alam bebas, para wisatawan biasanya mengambil tempat di puncak gunung mawahu untuk bisa melihat matahari terbit di pagi hari. Tidak hanya itu, para pendaki juga tidak hanya dapat menikmati matahari terbit melainkan keasrian dan hutan lindung di bawah kawasan gunung ini juga mempunyai daya tarik tersendiri. Kawasan hutan lindung tersebut hanya terdapat di daerah lereng dan daerah menuju puncak mahawu dan ketinggian hutan lindung ini mencapai 600 meter hingga 1200 meter diatas permukaan laut.
Gunung yang berdampingan dengan gunung Lokon ini mempunyai suhu udara yang lumayan dingin karena memang pada dasarnya di daerah Tomohon suhu udaranya sejuk. Selain menikmati pemandangan di puncak gunung mahawu anda juga bisa melihat langsung gunung lokon yang tepat berdampingan dengan gunung ini dan juga anda bisa menyaksikan petani cengkeh, cokelat, kopi, sayur-mayur dan buah-buahan yang banyak di hasilkan oleh penduduk di sekitar gunung mahawu ini.
Gunung mahawu berjarak kurang lebih 25 kilometer dari kota Manado, untuk sampai ke gunung Mahawu anda bisa menggunakan jasa angkutan umum atau kenderaan pribadi dan melalui jalan mulus ke kota Tomohon, dari Tomohon anda bisa menuju ke desa rurukan selanjutnya anda tinggal melanjutkan perjalanan mendaki menuju puncak mahawu yang memakan kurang lebih 2 jam untuk sampai ke puncaknya.

Call Now Button