Banyak pecinta otomotif sedang berada di luar kota dan membutuhkan mobil maka lebih praktis adalah menyewa mobil di rental mobil kota tersebut, meskipun sedikit menguras kantong akan tetapi menyewa mobil memberikan keleluasaan pilihan dengan mobil yang kita butuhkan, misalnya membawa keluarga maka kita bisa memilih mobil yang muat banyak penumpang biasanya jenis MPV, misalnya ingin bepergian ke tempat yang kondisi jalannya ekstrim seperti daerah gunung-gunung bisa memilih mobil dengan jenis SUV, dan lain sebagainya.
Kekurangan/ kerugian menyewa mobil di rental adalah kita tidak mengetahui kondisi mobil (kesiapan mobil untuk di ajak perjalanan), padahal kondisi mobilĀ erat kaitannya dengan keselamatan kita misalnya ban yang aus cukup membahayakan bagi pengemudi dan penumpang. Sebisa mungkin pecinta otomotif memilih mobil yang sehat (prima), beberapa komponen yang bisa diperiksa sebelum pecinta otomotif memutuskan menyewanya adalah: ban, peralatan service (kunci standar), dongkrak, ban cadangan, asuransi, cairan mobil, suspensi, body, wiper, lampu-lampu, dan hal-hal lainnya. Berikut ini adalah ulasan yang harus diperhatikan terkait dengan keselamatan kita:
Memeriksa Ban Mobil
Kondisi ban sangat erat kaitannya dengan keselamatan penumpang, ban yang aus sering menyebabkan ban mudah sekali bocor.
1. Periksa corak ban apakah masih bagus, corak yang bagus bisa membuang air dengan baik saat mobil melewati genangan air sedangkan corak yang buruk membuat mobil mudah selip (hati-hati saat mengemudikannya apa lagi kondisi hujan)
2. Periksa ketebalan tapak ban apakah masih sesuai standart (tebal tipis ban), ban yang masih tebal bisa menahan beban mobil pada kecepatan yang ideal. Semakin tipis ban semakin mudah meletus atau meledak jika digunakan pada kecepatan tinggi dan membawa beban banyak, ban yang tipis juga berpotensi meletus saat melewati jalanan rusak / jalan berlubang.
Tips pertama adalah periksa kondisi ke 4 ban mobil plus ban cadangan, pilih mobil yang memiliki ban bagus
Periksa Peralatan Standar atau Tool Kit
Tool kit yang dimaksud adalah peralatan perbaikan sewaktu-waktu saat mobil mengalami kerusakan misalnya obeng, tang, kunci ban, kunci L, kunci pas, dongkrak dan lain-lain. Jangan sampai pecinta otomotif melakukan perjalanan tanpa membawa peralatan perbaikan standar ini karena cukup repot bila terjadi sesuatu, misalnya ban bocor maka dibutuhkan kunci L atau kunci ban dan dongkrak untuk menggantinya. Tidak lucu jika bocor di daerah tertentu atau di hutan memiliki ban cadangan tapi tidak membawa dongkrak sia-sia jadinya.

Periksa Kabin Mobil
Memeriksa kondisi kabin atau bagian dalam mobil sangat perlu mulai dari panel-panel yang tersedia, sistem audio yang ada, alat navigasi yang digunakan, dll. Coba keseluruhan/ tombol yang dirasa perlu ada mulai dari depan (bagian driver) sampai belakang mobil (kunci bagasi mobil), pastikan semuanya normal dan dapat berfungsi dengan baik.

Call Now Button